Kamis, 04 Juli 2013

Tips Mengolah Kacang Tanah


Kacang tanah banyak penggemarnya. Tak perlu susah-susah mengolahnya. Digoreng begitu saja pun, orang sudah bersedia mengudapnya bahkan tanpa henti. Sayur asem pun, kurang pas kalau dibuat tanpa kacang tanah. Karena enaknya kacang tanah, banyak kudapan kita yang menggunakan kacang tanah.

Bukan cuma kue tradisional yang pas diramu dengan kacang tanah. Banyak lho…kudapan seperti cake, roti atau donat pun serasi disandingkan dengan kacang tanah.
Di negeri kita ini ada kacang tanah yang segar dan ada yang sudah kering juga ada yang berkulit dan yang sudah dikupas. Jadi bila kita ingin mengolah untuk kudapan tergantung kudapan apa yang akan kita buat.
Butuh waktu yang cukup lama untuk mengempukkan kacang. Apalagi kalau Anda menggunakan kacang tanah yang sudah kering. Untuk menghemat waktu dan bahan bakar, rebus kacang dalam panci bertekanan (presto). Tetapi kalau kebetulan tidak punya maka rendam dulu kacang semalaman supaya cepat lunak.
Kacang dihaluskan lebih baik berasal dari kacang kering. Anda bisa memilih yang masih berkulit ari atau yang sudah tidak berkulit. Sebelum dihaluskan, kacang harus dimatangkan dulu.
Caranya bisa digoreng, disangrai atau dioven.
Kacang yang digoreng akan kecokelatan warnanya, rasanya tentu lebih gurih karena menggunakan minyak saat digoreng.
Kacang yang disangrai warnanya lebih pucat.
Kacang yang dioven juga pucat warnanya, tetapi ada aroma khas kacang panggang.
Tidak setiap kudapan bagus digunakan kacang goreng. Sebaliknya tidak semua kudapan, kacangnya harus disangrai. Tergantung warna kudapan yang dikehendaki.
Untuk saus, misalnya kacang sangrai lebih pas. Karena kalau kacang terlalu cokelat warnanya, hasil saus tidak menarik.
Menghaluskan kacang pun tidak bisa sembarangan. Ada kudapan yang menggunakan kacang yang mawur. Hingga untuk menghaluskannya tidak boleh sampai kacang mengeluarkan minyak. Kacang yang sudah mengeluarkan minyak akan bergumpal. Sebaiknya untuk saus harus dihaluskan sampai berminyak hingga hasil saus kelihatan cantik.
Kacang juga sering dibuat selai atau mentega kacang. Nah, untuk membuat selai kacang harus lumat betul dan berminyak. Tetapi hati-hati juga karena kalau kacang diblender terlalu lama, kacang jadi sedikit encer. Kenapa begitu? Karena blender yang panas membuat kacang juga ikut panas. Akibatnya minyak pada kacang juga ikut keluar.
Karena itu, giling kacang dalam beberapa tahap. Hentikan menggiling setelah 1 atau 2 menit. Setelah blender kembali dingin, giling kembali. Begitu seterusnya sampai kacang betul-betul halus.
Berikut Resep Selai Kacang (Pindakaas)
BAHAN :
400 gram kacang tanah kupas
1 1/2 sdt garam
50 gram gula pasir
2 sdm mentega tawar
CARA MEMBUAT :
1. Sangrai kacang sampai matang. Dinginkan.
2. Blender hingga lembut betul. Selama diblender, dijaga agar kacang tidak sampai panas. Kalau sudah mulai hangat, hentikan dulu, kemudian blender kembali.
3. Tambahkan garam, aduk sampai terasa asin.
4. Tambahkan gula, aduk rata.
5. Tambahkan mentega sedikit-sedikit sambil diaduk hingga lemas.
untuk 450 gram
sumber saji
Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2013 Twin Tulipware Purwakarta All Right Reserved. Published by BSD